Betawi, betah di wilayah, merupakan gelar yang selalu melekat pada
orang asli jakarta. Saya pernah bertanya pada salah satu Alm. Haji
Husein (tetangga saya) tentang asal muasal gelar tersebut. "Dulu ntu
orang betawi kenapa orang betawi selalu digelarin betah diwilayah karena
die kagak mau ngerantau, sebabnye banyak dari orang-orang kite punye
tanah lebar-lebar, terus ngarep duit dari jualan tanah ntu tong",
katenye. Saya pun mulai ngedehem dan hati geli tertawa sendiri.
Lanjutnya saya tanya, ada nggak orang betawi yang udah agak modern? Ada
tong, betawi yang modern ntu biasanye die nyekolahin anaknye
tinggi-tinggi, emang masih jarang, carenye die nyekolahin anaknye die
jual tanahnye sebagian lalu nyang sebagian lagi die bangun buat dijadiin
kontrakan", tandas si babe yang punya banyak kenangan dengan masa
silamnya. Kala itu saya bersamanya (Alm Haji Husein) di Mushola Nurul Hikmah, Tebet sebelum
magrib tiba. Kemudian saya bertanya lagi pada si babe, pak haji kenape
orang betawi yang jadi jawara? Gini tong, die ntu jadi jawara bukannye
untuk pamer kayak jaman sekarang, die ntu jadi jawara awalnye die
belajar silat terus gak lupa dia belajar ngaji buat ngimbanginnye, jadi
die gak asal nebas leher orang aje, palingan klo ada orang yang
ngeremehin atau agama islam, goloknye die keluarin. Saat itu saya sangat
bersukur karena dapat menelusuri cerita orang betawi dulu. Saya pun
menimpali dengen pertanyaan lagi, pak haji ada gak jenis silat yang
terkenla? "Ada namenye jingkrik, ntu model silat alus yang pake lompat
segale, ngape lu nanya mulu tong ? Hahaha gak pak haji saya mau tau aja
tentang betawi.
Modernisasi telah mengubah Jakarta yang
tadinya hutan menjadi gedung bertingkat. Cerita-cerita yang telah
dilontarkan babe tadi akankah mengubah nasib anak Betawi di Jakarta.
Dulunya orang Betawi dianggap primitif oleh beberapa orang. Akan tetapi
Ridwan Saidi (tokoh betawi) tidak terima pendapat tersebut. Kata beliau
orang betawi dulu taat apa kata orang tua dan terus mencari kepercayaan
sebelum Islam itu datang. Saking taatnya, apabila orang tua bilang
jangan sekolah tingi-tinggi maka si anak mengiakannya. Kini pendatang mengepung Jakarta, kesempatan orang Betawi memimpin jakarta semangkin
sempit walau kemungkinan kecil itu ada. Buktinya gubernur Jakarta
sekarang bukanlah seorang betawi asli. Melalui tulisan ini saya ingin
menggugah orang-orang Btawi untuk berpola pikir maju tapi jangan
meninggalkan nilai-nilai religius.
Banyak tokoh betawi
yang terkenal sampai ke telinga negara asing. KH. Abdullah Syafii
merupakan tokoh agama yang ilmunya diakui oleh timur tengah. Sikap
santun dan semangat dalam membela agama salah satu yang dikenal khalayak
ramai. Ahli agama yang juga tak kalah pentingnya KH. Syafii Hadzami,
beliau dikenal sebagai fakih (ahli fikih) di Jakarta. KH. Syafii Hadzami,
beliau menimba ilmu langsung kepada Habib Ali bin Abdurahman al-Habsy(
Habib Ali Kwitang), Habib Ali bin Husein Alatas (Habib Ali Bungur). Bahasa Arabnya dan Ilmu agamanya sangat mumpuni padahal beliau tidak pernah menimba ilmu di timur tengah.
Memang kebanyakan dari orang-orang betawi taat pada agama sehingga melahirkan tokoh-tokoh agama yang berkualitas. Tapi kini kita sebagai orang betawi bukan hanya intelektual dalam masalah agama yang ditinggikan tertapi juga bidang-bidang lain untuk memajukan negeri ini. Untuk itu orang betawi perlu memahami dunia tekhnologi, ekonomi, politik, dan sebagainya biar tidak diremehkan suku dan etnis lain.
Memang kebanyakan dari orang-orang betawi taat pada agama sehingga melahirkan tokoh-tokoh agama yang berkualitas. Tapi kini kita sebagai orang betawi bukan hanya intelektual dalam masalah agama yang ditinggikan tertapi juga bidang-bidang lain untuk memajukan negeri ini. Untuk itu orang betawi perlu memahami dunia tekhnologi, ekonomi, politik, dan sebagainya biar tidak diremehkan suku dan etnis lain.
0 Komentar